Rabu, 24 Januari 2018

SILENT HEART ATTACK  (2010)

Sebetulnya kejadiannya sudah beberapa tahun lalu, tapi ternyata aku masih sering ditanya teman gimana critanya? Karena itu tulisan yang sdh pernah aku posting di grup imel setahun sebelumnya, aku muat di notes fb-ku. Sapa tau ada manfaatnya .. setidaknya untuk meningkatkan awareness manteman atas ancaman jantungan yang bs tiba2 nyeruduk begitu saja ...

*****

SILENT HEART ATTACK – Sebuah Testimoni

Beberapa minggu sebelumnya kalo tidur miring ke kiri trasa denyut jantungku bedebar lebih keras. Pokoke gaenak lah .....    tapi tak biarin :)
Beberapa hari lalu kalo lagi duduk nonton teve pada malem menjelang tidur, kadang, dada/jantung trasa tertekan .. tapi sbentar ilang ....    tak biarin juga  :))
Pas malem minggu (01/05/2010) skitar pkl 23:00 jantung trasa ketekan lagi .... sampe ketiduran.  Tapi besoknya, begitu bangun rasa keteken itu masih ada.  Aku mikir ini mesti ada apa2 ……..  !!!!

Aku trus idupin PC untuk brosing di internet mo nanya mbah Google ada masalah apa sebenarnya dengan dadaku.  Ternyata jawabannya begini :

“Pain is not always a symtom of heart attack. A heart attack often mild symptoms that may not be painfull. Many fictims experience a tightness or squeezing sensation in the chest.  Get emergency medical help immediately if you experience for two minute or more…..”

Trus terang aku terperangah.  Celakanya di rumah saat itu gada orang, soale anakku Cuno sejak tadi malem jaga di RSCM, mantu pagi2 sdh brangkat  ‘magang’ di RS Jantung Harapan Kita dlm rangka persiapan pendidikan spesialis jantung, dan bojo barusan brangkat brenang di Villa Delima.

Pelan2 aku brangkat mandi buwat ngebersihin badan biar kalo dipriksa gak bau apek .. he he. Pintunya gak tak konci, siap2 teriak kalo tiba2 dateng serangan. Abis pakean aku lantas duduk di teras (salah satu protap serangan jantung, biar kalo ada apa2 ada yang ngliat), sambil nunggu bojo pulang.  Kebetulan kok ga lama. Katanya sih ada rasa ga enak jadi brenangnya cuma sbentar, ga pake mandi langsung pulang. Mbuh bener mbuh ora tapi aku ya percaya aja, wong namanya istri lagi perhatian sama suami kok ya .... he he !.
Langsung aku minta istri temenin aku ke UGD RS Puri Cinere yang skarang sudah punya cardiac center “Hospital Cinere”.

Di UGD, aku ditanya sakit apa?  Begitu aku bilang dada rasa tertekan langsung aku ditidurin di brankar(?) dipasangin sgala macem tetekbengek alat kesehatan (kalo ada yang ga bengek mungkin masih bagusan  he he..). Di hidung ada  pipa oksigeen, di skitar dada, kaki dan tangan ditempelin banyak kabel dan diketek diselipin termometer.  Tekanan darah diukur dari kedua lengan.  Di tangan kiri dipasangin infus, dan dari tangan kanan darahku disedot, katanya buat dikirim ke lab.
Trus terang aku lumayan bingung,  wong aku belon bilang apa2 kok udah diperkosa disuruh ngikutin apa maunya. Mreka bilang itu adalah tidakan  SOP  penanganan serangan Jantung.

Tak brapa lama dokter jantungnya, dr Hera, dateng. Aku ditanya mana yang sakit aku bilang ga ada, kecuali rasa ketekan di dada kiri. Dia masih nanya mungkin sakit di dada, di punggung, di tangan, ato di dagu ?  aku bilang pokoke kaga ada yang sakit.  Dia colokin ujung stetoskop ke seantero dada dan peruku. Geli juga sih tapi aku tahan.

Mantuku yang ternyata sdh dikasitau, nelpon bojoku, nanya sapa dokter yang nanganin. Begitu dibilang dr. Hera, mantuku bilang, dr.Ismoyo SpJP, dosen pembimbingnya, mau ngomong sama dr.Hera.  Gatau apa yang mereka bicarakan, tapi kemudian mantuku bilang besok kita disuruh pindah ke RS khusus jantung Bina Waluya di Pasar Rebo, biar ditangani oleh dr.Munawar,SpJP yang katanya sudah dikontak dr.Ismoyo.
Dr Munawar itu konon termasuk salah satu dr. jantung terbaik di negri ini. Sewaktu pak Harto sakit dia juga yang sering mewakiti tim dokter njelasin perkembangan (penyusutan?) kesehatan pak Harto kepada wartawan.  Tapi kenyataannya pak Harto dood juga … he he .
Tak lama kemudian dr Hera-nya pergi gatau ke mana.

Sekitar stengah jam aku dibiarin begitu. Untungnya tiba2 saja konco lichtingku yang biasa dipanggil srs Imot masuk ke UGD. Dia bilang lagi jalan pagi, ngeliat mobilku di depan RS Puri Cinere, jadi pengen tau ada apa? Lantas blionya ketemu bojoku yang lagi ngurus pendaftaran.  Jadinya ada temen deh…
Lantaran belon sarapan sama skali, perut mulai trasa lapar.  Aku panggil perawat buat mesen dua porsi bubur ayam.  Bedua kami makan bubur di UGD dengan segala macem selang dan kabel masih nempel di badan.

Skitar satu jam kemudian aku digeredek ke ICU jantung. Tiap jam dicek EKG dan tekanan darah otomatis yang langsung bisa diliat angka dan grafik denyutnya di monitor.  Hari itu aku betul2 di paksa tiduran, bahkan pipispun di pispot. Padahal rasanya aku gada trasa sakit apa2.  Mana tempat tidurnya gak enak lagee …

Malemnya konco lichtingku yang laen, kang Ngumar sama mantan pacarnya bezoek. Rupanya bojoku memang sempet nelpon kang Ngumar, berkait dengan permasalahan jantungan. Soale belionya kan termasuk senior/alumnus korban jantungan, sehingga diharap akn dapat ngasih pencerahan.   Blio bilang kaga apa2 soale bebrapa kali hasil pemeriksaan enzym negatip.  Dokter juga bilang begitu tapi buat mastiin dokter bilang besok mo di MSCT (Multi Slice Computed Tomography) - scanning buat motret jantung 3 dimensi dari berbage sisi.  Tapi aku bilang besok mau pindah ke RS BinaWaluya. Dr Hera bilang sbetulnya gak perlu, soale di RS Puri smua peralatan selain lengkap juga mutakhir/canggih.  Aku bilang aja yang minta dr. Ismoyo kok, dan bahkan kamarnya sdh disiapin sama dr.Munawar. Dr. Hera ga bisa komen apa2, soale dia juga mantan muridnya dr.Ismoyo dan dr.Munawar.
Sebetulnya ada motip lain knapa pindah, yaitu lantaran RS Puri ga bisa pake Askes, sementara RS Bina Waluya bisa.

Malem aku ga bisa tidur.  Bukan lantaran jantungnya sakit. tapi lebih karena keganggu selang infus dan kabel2 monitor alat ukur tekanan darah yang masih nempel di badan. Mana kasur dan bantalnya juga ga enak.

Paginya dokter lain, dr. Farid, dateng.  Dia bilang pindahnya gausah pake ambulan, tapi pake mobil sendiri saja, wong hasil tindakan sementara itu gada masalah.  Dia juga bilang nanti yang dampingin biar dr.Cuno saja, yang notabene adalah anakku. Surat pengantarnya saja nanti dia siapin. Aku bilang oke gapapa. Aku malahan seneng soale bisa pulang dulu buat mandi, buang air, ganti baju dan sarapan.

Setelah bayar biaya yang lumayan gede aku pulang.
…………………………

Skitar pkl 11:00 diantar istri, anak dan mantu aku masuk UGD BinaWaluya. Prosedur yang mirip sama dilakukan juga di sini.  Hasilnya juga meh sama. EKG dan tekanan darah oke, enzym negatip.  Dr. Munawar bilang nanti akan dilakukan tindakan MSCT buat mastiin. Dia bilang kalo hasilnya baik - seperti dugaannya – aku bisa langsung pulang.

Ternyata hasil scan meragukan.  Sepertinya ada sesuatu yang berbeda dengan kesimpulan hasil pemeriksaan EKG, ronsen thorax dan pemriksaan enzym.  Dr. Munawar bilang terpaksa akan dilakukan kataterisasi buat ngeliat apakah ada penyempitan koroner.  Tapi waktunya ga perlu segra. Dia jadwal hari Rabu minggu depan (12/05/2010)
Malemnya skitar pkl 11:00  setlah nyelesein administrasi aku pulang.  Sama skali gada pembayaran karna smua katanya bisa dikaver Askes.

Besok paginya aku ditilpon staf RS yang ngurusin Askes. Dia bilang Askesnya ga berlaku soale aku langsung pulang, ga nginep, jadi dianggepnya ga gawat.  Weleh .. weleh..  Aku bilang apa sih sulitnya tinggal kluarnya di mundurin?
Setlah beradu argumen lumayan cukup lama, akhirnya Ny. Munawar, Kabag Keuangan, yang notabene adalah istri bos RS, mutusin hari itu aku harus kembali ke RS, dan kateterisasi dilaksanakan Rabu esok harinya.  Aku nanya apa dr.Munawar sdh setuju?  Dengan enteng dia jawab “bisa diselipin”. Bahkan dia bilang, “bpk nanti giliran ke dua”.
Besoknya aku baru tau ternyata ibu Munawar ini memang yang banyak berperan dalam me-menej RS termasuk  ngatur apa yang hrs dilakukan sang suami.  Presis sperti yang banyak terjadi di lingkungan keluarga pangsiunan Moro Embe .. he he .. !!

Jadilah sorenya aku balik masuk RS.
Rabu tanggal 05/05/2010 pkl 07:30 aku digredek masuk ruang oprasi. Pelaksananya dr. Munawar dibantu dr.Benny dan bebrapa tenaga medik. Kateter dimasukan lewat pangkal paha, lantaran katanya jantungku rada aneh saengga kagak bisa via pergelangan tangan.  Buat aku sih terserah pakar saja..

Ternyata keanehan jantungku betul2 aneh dalam arti yang sebenarnya karna berbeda dengan jantung manusia biasanya. Dr Munawar pake istilah ‘anomali’. Aku jadi ragu apa aku ini masih termasuk jenis manusia ato bukan. Ato jangan2 justru mereka semua yang bukan manusia … he he. !
Mungkin keanehan ini akhirnya tersiar, soale kemudian banyak dokter yang ikut nimbrung, ngariung nonton, baik di ruang monitor maupun langsung masuk ke ruang operasi.

Upaya kateterisasi dicoba bebrapa kali tetep ga bisa. Aku sampe nanya, “sebetulnya ada apa sih dok?” Dijawab “belum ketemu, saluran arteri jantungnya ada kelainan, anomali”.  Sambil becanda aku tanya apa jantungnya masih ada? Ternyata dijawab juga, “masih, jangan kuatir”.  Smua yang ngariung pada ketawa.

Sampe 6 kali ‘kabel kateter’nya diganti dengan berbage tipe dan ukuran, baru dr Benny setengah teriak : “At Last..!!”. Aku tanya lagi ada apa?  Dijawab bahwa sudah ketemu.  Tapi itupun mreka bilang melalui modifikasi.  Hasilnya?
Sungguh mengejutkan.

Ternyata ada penyempitan (stenosis) di dua cabang arteri kiri masing2 sebesar 90% dan 70%.  Setelah dokter koordinasi dengan bojo utk jenis stent (ring?) yang dipilih, akhirnya di saluran arteri kiri jantungku dipasang 2 stent :  stent DES Cyper 2.75x13mm, dan stent DES Cyper 2.5x23mm.

Akhirnya proses kateterisasi yang biasanya hanya ½ sampe 1 jam, kali ini memakan waktu 2 jam (pkl 08:00 – 10:00) baru kelar.
………………………

Sebetulnya apa sih maksudku crita ini smua?

Begini..

Yang pertama.  Ternyata Olah Raga saja tidak bisa menjamin kita terhindar dari serangan jantung.
Aku kira temen2 lichting AAL rayon Jaksel tahu presis kalo aku termasuk yang sangat aktif olah raga buat jaga kesehatan.  Sebelum clubhouse Villa Cinere terbakar aku berenang hampir tiap hari, pake fin rata2 50 x panjang kolam @ 50 meter tanpa brenti.  Pada waktu HUT AAL ke 50 aku bahkan sempat ikut brenang lintas selat Madura yang konon lebarnya skitar 4.5 mil.
Setlah clubhouse terbakar dan kolam ditutup aku ganti olahraga jalan cepat di treadmill (kebetulan di rumah ada ruang fitness) dengan kecepatan 5.5 – 6 km selama ½ - 1 jam. Beban ditambah dengan naikin sudut tanjakan. Abis itu aku narik-2 beban 10 keping (total skitar 45 kg?) masing2 gerakan 20 x tarikan.  Abis itu aku misih angkat barble 9 kg.  Pada menjelang tidur aku masih perlukan angkat barble yang ada di kamar tidur @ 6kg.
Itu smua aku kerjakan hampir setiap hari.
Kalo kebetulan nganter anakku yang bontot kuliah, aku langsung jalan keliling kampus UI Depok selama paling sedikit 1 jam. Kang Imam, koncoku satu lichting  pernah dua kali ikut tapi kemudian mundur tanpa sebab.

Aku crita ini bukan mau nyombong, tapi justru sebaliknya. Wong aku yang sudah berusaha – boleh dibilang maksimal – saja ternyata masih terkena serangan jantung, dan nyaris fatal.
Bayangkan kalo tiba2 kebuntuannya ningkat jadi 100%?  Ya usai sudah  lah … he he..
Trus bagemana dengan yang kaga ato kurang berusaha?.
Oke mungkin memang ada faktor genetika, tapi kan sapa yang tau presis penyakit kakek ato cicit kita?

Yang ke dua.  Ternyata serangan jantung tidak slalu pake aba2.  Ga pake bilang2 dia. Bayangin aku selama itu ga pernah terasa apa2 kok tiba2 dalam tempo yang relatif singkat menyerang dan hampir fatal.  Padahal skitar 5 bulan lalu aku tes treadmill di RSAL, hasilnya exellent.

Yang ke tiga. Ternyata sakit jantung itu muahaaall.  Bayangkan brapa biaya semua itu kemarin yang cuma selama 4 hari (Minggu – Kamis)?  Sama dengan pendapatan pangsiunan bintang dua selama 4 tahun bo …  . Itu betul kang,  aku ga bohong. Untungnya yang 40 jt dibayar askes
Belum lagi setelah operasi ini, aku harus minum obat selama hayat dikandung badan, ga boleh putus. Mana harga obatnya juga bukannya murah lagee … (skitar Rp.40.000 / hari)
…………………………

Nah, setlah baca truestory yang cukup panjang, sila mentemen pada mulai mikir CB / CA (Cara Bertindak/ Course of Action) apa yang akan dilaksanakan baik oleh sendiri ato kluarga, kalo kejadian yang sperti ini terjadi pada diri mentemen. Pasti smua tidak menghendaki, tapi siapa tau .. ;(

Pikirkan juga tindakan preventipnya.

Dari  pengalamanku selama ini, kayaknya kesalahanku lantaran terlalu ngabaikan tingkat kolestrol darah, yang dari dulu hampir slalu diatas 250.
Olah raga, paling tidak buat aku, sama sekali tidak bisa nurunin tingkat kolesterol.
Tingkat LDLku juga slalu tinggi, jauh diatas tingkat ideal 70. Sebaliknya HDL terlalu rendah.
Konon penyebabnya adalah rokok. Soalnya - kata yang ngerti – rokok akan menahan tingkat HDL (kolestrol baik) tetap rendah ga akan bisa naik.
Aku juga masih berharap mudah2an mulai skarang bisa brenti merokok .. he he ..
……………………………………..
Trims sudah ikut baca,  mudah2an manfaat...

/esKa. 05/06/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar