Kamis, 01 Februari 2018

*Peringatan Allah: "JANGAN SOMBONG!"*.

Bermula dari kunjunganku menengok cucu anak pertamaku pd winter menjelang Natal thn lalu di Shanghai, dimana kala itu cuacanya sangat dingin. Tanpa diduga sendi lutut kiriku mulai merasa terganggu bila digunakan utk jalan dan duduk sholat. Sekembali ke tanah air aku brangkat lagi ke Pekanbaru utk nengok cucu anak keduaku skaligus utk memeriksakan radang sendi lututku. Dari hasil foto, anakku yg kebetulan dokter SpS di AwalBros menengarainya sbg osteoarthritis tahap -1. Penyakit degenerasi yg biasa trjadi pada ortu seusiaku. Utk itu aku dianjurkan utk kembali berenang, spt yg bertahun2 aku lakukan sebelum sport center Villa Cinere dimana aku biasa berenang terbakar.
Sejak kejadian itu, krn aku lihat di sekitar tempat tinggalku gada kolam renang lg yg cukup memadai maka sbg gantinya salah satu kamar rmhku aku rubah jadi ruang gym. Sejak saat itu aku beralih ke treadmill ato narik beban dan angkat barbel. Lama2 aku terbiasa menarik dan mendorong beban seberat 8-9 keping 4×30 hitungan. Sayang bbrp bulan lalu terhenti krn slingnya putus, dan blm berhasil menemukan gantinya.
Hari Senin lalu secara kebetulan aku menemukan kolam renang yg cukup representatip di Admiralty, meski hanya 1/2 ukuran Villa Cinere yg Olympic size. Utk jadi memberpun jg tdk terlalu berat. Jadilah aku mendaftar sbg member utk 1 thn pertama.

Hari Rabu pkl 6 pagi spt yg biasa aku lakukan dulu, aku brangkat utk berenang. Kolam sepi gada seorangpun yg berenang. Setelah pasang fin dan masker yg sdh aku siapkan aku mulai berenang. Awalnya lutut kiriku terasa sakit tapi setelah menempuh jarak 200m lutut tdk sakit lagi. Aku pikir ini rupanya terapi yg tepat utk sakit lututku. Dari situ aku mulai sombong. Dulu setelah pensiun aku biasa berenang setiap hari tdk kurang dari 2500 m. Bahkan thn 2001 aku sempat ikut sbg peserta tertua renang Selat Madura yg konon berjarak sekitar 5 mil. Jadi dengan sombongnya aku mulai mengawali berenang pagi itu sekitar 600 m, dgn harapan dlm 1-2 minggu sdh bs mencapai 2000m lagi.
Setelah selesai aku mandi dan ganti pakaian. Tiba2 aku teringat di lantai dua ada fasilitas gym. Aku naik dan mulai narik2 beban 7 keping 3×20 hitungan. Sengaja aku kurangi berat dan hitungan krn sblmnya sdh lumayan lelah berenang, dan bbrp bln berhenti menarik beban.
Kemudian aku lanjutkan dgn mengangkat dumbel 8 kg spt yg biasa aku lakukan di rmh. Setelah terasa capai dan berkeringat aku berenti dan turun kembali ke locker.

Ketika membereskan perlengkapan renang tiba2 keringat dingin mengucur dari seluruh badan. Bahkan jacket yg aku kenakan basah kuyup. Pandanganpun mulai nanar. Aku sadar ini masalah jantungku yg memang pernah dipasang ring dua kali, thn 2010 dan 2013. Pelan2 aku ke parkiran, naik ke mobil dan meletakkan 2 butir cedocard yg selalu aku siapkan di dompet, ke bawah lidah. Ternyata efeknya tdk atau kurang berpengaruh. Keringat tetap mengucur dan smua bagian badan terasa sakit. Rasanya spt habis digebugin amok FPI, hehe. Bersyukur aku membawa sebotol herbalife shake yg aku pikir bs sedikit mengurangi dehidrasi.
Aku tilpon istri minta dijemput krn rasanya tdk mungkin lagi bs mengemudi sendiri sampai ke rumah. Aku sungguh merasakan spt yg banyak orang bilang, "menunggu adl pekerjaan terkutuk." Aku bahkan sempat berpikir usiaku akn habis di parkiran Admiralty. Kulempar pandanganku kesekitar mencari 2 malaikat penjemput yg konon akan mendatangi di saat menjelang ajal. Tapi yg aku lihat hanya ada 1 satpam di kejauhan. Dan aku haqulyakin dia bukan malaikat.
Dlm perjalanan pulang yg jaraknya hanya sekitar 3 km, aku ngomel krn macet. Istriku menasihati agar aku lbh baik dzikir menyebut asma Allah drpd ngomel yg jelas tdk bs mengubah macet.

Tiba dirumah istri langsung telpon mantuku di Pekanbaru yg kebetulan dr jantung. Mantuku nanya brapa tensi darahku saat itu. Aku ukur ternyata hanya 70/40. Mantuku langsung minta aku dibawa ke RSJP Diagram dekat rumahku di Cinere.
Di UGD aku langsung dipasang infus dan direkam jantung, diambil darah dan difoto torax. Aku tdk tau utk apa itu semua, tp terserah sj apa katanya.

Sementara penanganan aku di UGD Diagram, rupanya mantuku menghubungi RSJP Harkit, dimana dia sebelumnya berpraktek. Prosesnya memakan waktu cukup lama krn nampaknya ada sedikit miskomunikasi atr Diagram dgn Harkit. Mejelang sore baru aku diangkat ke ambulance utk dibawa ke RSHK. Saat2 dimana traffic sdg sangat padat. Bersyukur ada seorang pengendara motor berplat nomor B 3061 SDZ mengenakan jacket gelap dgn kombinasi kuning, yg dgn sukarela berinisiatif membantu membuka jalan di sepanjang jalan Tentara Pelajar yg saat itu macet total. Istriku yg duduk disebelah sopir sempat merekamnya.

Videonya bisa ditonton di:
https://youtu.be/W68f6WpuM54

Melihat videonya aku sempat trenyuh dan bersyukur ke hadirat Allah swt krn dlm situasi gawat Engkau hadirkan seorang anak muda tdk tau dari mana yg membantu memperlancar jalannya ambulance. Aku sungguh telah berhutang budi kepadanya. Oleh krn itu seandainya ada yg mengetahui siapa dan dimana tinggalnya anak muda ini sudi kiranya utk memberitahuku. Aku sungguh ingin sekali bertemu utk sekedar mengucapkan terima kasih yg sedalamnya.

Tiba di RSHK aku langsung didorong masuk UGD. Prosedur yg hampir sama, kecuali foto rontgen, jg dikerjakan. Dokter jg menanyakan proses terjadinya serangan. Aku bisa merasakan penanganan di RSHK sangat amat profesional. Bkn suatu yg aneh krn RSHK adl Pusat Jantung Nasional.
Bbrp saat kemudian aku didorong masuk ICCU, terus dipasang kabel2 monitor tensi, pulse, infus dan perekam jantung. Setiap 30 menit dilakukan echo (EKG) utk mengetahui perkembangan keadaan jantungku. Aku diberitau keadaannya mudah2an tdk segawat yg diduga semula. Aku sendiri tdk tau segawat apa yg mereka duga semula. Namun kateterisasi ttp akn dilakukan utk mengetahui lebih detil masalahnya.

Besoknya aku didorong ke catlab utk tindakan katerisasi. Yg melaksanakan Prof Dr Sunarya SpJp. Beliau jg yng memasang stent 4 tahun lalu. Mantuku mmg minta beliau yg melakukan krn jantungku anomali, shg apabila dikerjakan dr lain mungkin perlu waktu utk mempelajari jantungku yg tdk sama dgn jantung manusia pd umumnya. Ato jangan2 memang bkn jantung manusia yg dipasang ditubuhku.. hehehe.

Dari katerisasi ketahuan ternyata satu stent yg dipasang thn 2010 sdh buntu total dan mengeras shg tdk bs ditembus. Beruntung selama itu aku cukup aktif olahraga shg sdh terbentuk banyak pembuluh2 collateral yg menggantikan fungsinya utk menghantar oksigen ke jantung bagian kanan. Terbentuknya pembuluh2 halus pengganti itu trnyata jg mengakibatkan gangguan penyempitan tdk termonitor lebih awal, shg stent sempat sampai buntu total dan mengeras tanpa disadari.

Dari hasil pengamatan kondisi jantung, Prof Sunarya memutuskan utk tdk dipaksakan ditembus krn selain dikhawatirkan akn robek juga darah bs muncrat mendadak sampai ke otak yg bs mengakibatkan trjadinya stroke. Akhirnya diputuskan utk hanya dibalon pd bbrp pembuluh.

Hasil pengecekan total akhirnya diketahui kalo jantungku ada gangguan denyut yg gak beraturan (aritmia) dan badanku jg resistan thd obat pengencer darah Plavix yg bbrp thn sempat aku minum. Terpaksa bbrp jenis obat yg hrs aku minum selama hayat dikandung badan jg harus diganti.

Demikian sekelumit kisah serangan jantung yg menimpaku, yg lbh disebabkan krn rasa sombong gak ngukur diri, bahwa jantungku sebetulnya sdh tdk lagi bs mengikuti kemampuan fisikku. Mungkin pepatah "Besar pasak dari tiang", bs mewakili..hihihi

Mudah2an ada manfaatnya khususnya bg teman2 Jantungers...


Jkt, 02/2017
/esKa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar